BMW S 1000 XR 2020 – lebih ringan, lebih bertenaga dan lebih fleksibel

28 April 2020

Kemunculan perdana seri baru BMW S 1000 XR di dunia pada EICMA 2019, menunjukkan bahwa motor Sport Touring ini secara radikal lebih ringan dan lebih gesit, serta mencapai kombinasi sempurna antara performa berkendara jarak jauh dengan karakter berkendara motor sport.

Dengan mesin yang diturunkan dari motor S 1000 RR dan suspensi yang benar-benar baru dikembangkan dan bobot hanya 226 kg – 10 kg lebih rendah dari pendahulunya, BMW S 1000 XR 2020 membuka dimensi baru di segmen Sport Touring. BMW S 1000 XR 2020 memiliki fitur standar berikut: Dynamic ESA (Electronic Suspension Adjustment) Pro, Riding Modes Pro, Adaptive Headlight Pro, ABS Pro, MSR (Engine Drag Torque Control), DTC (Dynamic Traction Control), Hill Start Control Pro, Flex Frame dan layar TFT 6,5 Inch yang dapat dibaca sempurna lengkap dengan konektivitas ke smartphone dan pencahayaan LED yang lengkap.

Mesin 4 silinder segaris yang baru dikembangkan didasarkan pada mesin S 1000 RR yang menghasilkan output 121 kW (165 hp) pada 11.000 rpm dan torsi maksimum 114 Nm pada 9.250 rpm. Gigi ke-4, ke-5 dan ke-6 memiliki rasio yang lebih panjang untuk mengurangi kebisingan, konsumsi bahan bakar dan tingkat kecepatan mesin. Selain kopling anti-hopping yang lebih halus, S 1000 XR yang baru juga dilengkapi engine drag torque control (MSR) untuk pertama kalinya. Dikontrol secara elektronik, MSR mencegah roda belakang tergelincir akibat perlambatan mendadak atau downshifting.

S 1000 XR yang dijual di Indonesia menghadirkan generasi terbaru BMW Motorrad Dynamic ESA Pro (Electronic Suspension Adjustment) sebagai standar dengan dua mode peredaman (Road, Dynamic) dan setelan preload yang dapat diatur  secara otomatis. Untuk pertama kalinya pada S 1000 XR, DBC (Dynamic Brake Control) juga mendukung pengendara saat melakukan manuver pengereman.

S 1000 XR baru memiliki empat mode berkendara sebagai standar – “Rain”, “Road”, “Dynamic” dan “Dynamic Pro”. Mode “Dynamic Pro”, yang dapat sepenuhnya dikonfigurasikan untuk pertama kalinya dalam S 1000 XR, menawarkan berbagai pilihan pengaturan seperti respons throttle, engine break, kontrol ABS, kontrol traksi dan kontrol wheelie. Sementara sistem BMW Motorrad ABS sudah memberikan tingkat kinerja dan keamanan yang sangat tinggi saat pengereman dalam garis lurus, ABS Pro lebih jauh lagi  mendukung peningkatan keselamatan saat pengereman di posisi menikung.

Motor ini memiliki panel instrumen multifungsi dengan layar TFT 6,5 inch dengan visibilitas yang sangat baik serta informasi yang lengkap. Cluster instrumen yang disebut dengan MMC (Motorcycle Multi Controller) dalam S 1000 XR baru juga telah sepenuhnya dirancang ulang untuk memudahkan navigasi.

Keseluruhan pencahayaan pada motor ini telah dilengkapi dengan teknologi LED yang memungkinkan usia pakai yang lebih lama dan tingkat kecerahan pencahayaan yang sangat baik. Pada lampu utama terdapat fitur yang disebut dengan Adaptive Headlight Pro dimana reflector lampu dapat mengarahkan cahaya sesuai dengan arah motor berbelok. Reflektor lampu akan mengarahkan cahaya ketika motor berjalan pada minimum 10 Km/H dan pada kemiringan minimum 10 derajat. Selain itu terdapat pula DRL (Daytime Running Light) yang memaksimalkan visibilitas motor saat berkendara baik siang maupun malam hari.

S 1000 XR baru memiliki desain yang lebih dinamis dengan ergonomi yang dioptimalkan dan dua pilihan warna yang menarik yakni Ice Grey dan Racing Red. Tata letak baru dari rangka utama, sisi tangki bahan bakar, dan bodi motor di area kursi memberikan genggaman lutut yang lebih baik. Terlebih lagi, segitiga ergonomis yang baru antara ujung stang, permukaan kursi, dan pijakan kaki memberikan ergonomi optimal saat berkendara.

Yang menarik dari BMW S 1000 XR baru:

  • Penurunan berat total sebesar 10 kg menjadi 226 kg dibandingkan dengan model pendahulunya.
  • Mesin 4-silinder in-line yang baru dikembangkan berdasarkan S 1000 RR dengan daya mid-range dan dioptimalkan lebih lanjut sehingga lebih ringan 5 Kg dari pendahulunya serta gradasi transmisi baru untuk gigi 4 – 6.
  • Performa dan torsi superior: 121 kW (165 hp) pada 11.000 rpm dan 114 Nm pada 9.250 rpm.
  • Kurva torsi linier, kemudahan berkendara yang lebih baik di seluruh rentang kecepatan.
  • Ergonomi yang meningkat secara signifikan karena Flex Frame.
  • Dynamic ESA Pro sebagai standar untuk versi Indonesia dengan dua mode peredaman (Road, Dynamic) dan penyetelan preload secara otomatis.
  • Lengan ayun (Swing arm) 19% lebih ringan dengan penyangga suspensi yang diartikulasikan secara langsung untuk respons yang lebih sensitif.
  • DBC (Dynamic Brake Control) untuk mendukung keamanan pengereman.
  • Sistem knalpot baru, lebih ringan, sesuai dengan standar EURO5.
  • DTC (Dynamic Traction Control) dan Fungsi Wheelie DTC sebagai standar.
  • MSR (Engine Drag Torque Control).
  • ABS Pro untuk meningkatkan keamanan saat pengereman di posisi menukung.
  • Empat mode berkendara (Riding Mode) “Rain”, “Road”, “Dynamic” dan “Dynamic Pro”.
  • Hill Start Control Pro.
  • Gearshift Assistant Pro untuk perpindahan gigi naik dan turun cepat tanpa menekan tuas
  • Electronic cruise control
  • Cluster instrumen baru dengan layar TFT 6,5 inci yang mudah dibaca dengan visibilitas yang sangat baik
  • Adaptive Headlight Pro dengan DRL sebagai standar untuk versi Indonesia
  • Bodywork yang sepenuhnya didesain ulang untuk gaya yang lebih dinamis, aerodinamika yang dioptimalkan, dan perlindungan terhadap angin dan cuaca yang semakin ditingkatkan.
  • Dua skema warna: Ice Grey dan Racing Red
  • Berbagai pilihan aksesoris original BMW Motorrad
+ Read more
spinner